**** SELAMAT DATANG DI WEBSITE DETASEMEN PERHUBUNGAN DIVIF 1 KOSTRAD **** Perhubungan tidak memenangkan Pertempuran, tapi... Pertempuran tidak dapat dimenangkan tanpa Perhubungan...!! **** LAKUKAN YANG TERBAIK, DAN TETAP SEMANGAT!! **** CIGHRA APTA NIRBHAYA ****

Senin, 15 April 2013

LATIHAN POSKO DALAM RANGKA LATGAB TNI 2013 DI MADIVIF-1/K CILODONG


Setelah mengikuti Upacara Pembukaan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2013 yang digelar di Lanud Halim Perdana Kusuma serta dipimpin secara langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E selaku Inspektur Upacara, sejumlah personel TNI baik dari matra TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara langsung bergerak menuju Markas Komando Divif 1 Kostrad Cilodong,  Depok untuk mengikuti Latihan Posko Latgab TNI 2013 yang merupakan bagian dari rangkaian Latgab TNI pada tahap perencanaan (15/4). 



Para pimpinan TNI yang terlibat dalam latihan Posko Latgab TNI 2013 antara lain adalah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsdya TNI Daryatmo, S.IP., bertindak sebagai Direktur Latihan Gabungan (Dirlatgab) TNI tahun 2013, Pangkostrad Letjen TNI M. Munir selaku Panglima Komando Gabungan TNI (Pangkogab TNI), Pangdivif-1 Kostrad Mayjen TNI Daniel Ambat selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Linud (Pangkogasgab Linud) serta Pejabat lain dari tiap-tiap matra. Pada Latgab TNI Tingkat Divisi tahun 2013 kali ini mengambil tema "Komando Gabungan TNI melaksanakan kampanye militer di wilayah Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka menegakkan kedaulatan serta keutuhan NKRI".

Adapun tujuan dari Latgab TNI tahun 2013 kali ini adalah untuk meningkatkan dan menguji profesionalisme prajurit di masing-masing matra (AD, AL, dan AU) mulai dari tahap perencanaan, persiapan sampai dengan tahap pengakhiran, serta melatih dan menguji prosedur dan mekanisme operasi gabungan TNI. Sedangkan sasaran umum pelaksanaan Latgab TNI meliputi aspek strategis, aspek operasional, aspek taktis, teknis dan prosedur serta aspek psikologis. Aspek strategis yaitu terwujudnya konsep strategis penangkalan dan penindakan dalam strategi militer untuk memenangkan perang terhadap niat negara tertentu yang ingin mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Materi latihan menggunakan metode latihan posko yang dilaksanakan di Mako Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, Depok dimulai tanggal 15-19 April 2013. Dilanjutkan Latihan Umum (Latum) di daerah latihan Asembagus Jawa Timur, serta latihan lapangan di wilayah Sangatta Kaltim dan Bima Nusa Tenggara Barat, mulai dari tanggal 2 s.d 24 Mei 2013. Dalam Latgab TNI 2013 ini, Denhub-1 Kostrad juga turut terlibat, baik sebagai pendukung maupun pelaku latihan.