**** SELAMAT DATANG DI WEBSITE DETASEMEN PERHUBUNGAN DIVIF 1 KOSTRAD **** Perhubungan tidak memenangkan Pertempuran, tapi... Pertempuran tidak dapat dimenangkan tanpa Perhubungan...!! **** LAKUKAN YANG TERBAIK, DAN TETAP SEMANGAT!! **** CIGHRA APTA NIRBHAYA ****

Senin, 10 Juni 2013

DIVIF 1 KOSTRAD GELAR LATMA GARUDA SHIELD-7/2013


Panglima Divisi Infantri I Kostrad Mayjen TNI Daniel Ambat membuka pelaksanaan Latihan Bersama Garuda Shield-7/2013 melalui upacara resmi yang digelar di Markas Divisi Infanteri I Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (10/06/2013). Garuda Shield merupakan bentuk kerjasama dua negara melalui latihan antara TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat, dimana pada tahun 2013 ini merupakan latihan yang ke 7. Latihan bersama rencana berlangsung mulai tanggal 10 - 21 Juni 2013. Upacara pembukaan tersebut dihadiri Duta Besar Amerika Serikat Scot Marciel, Deputy Commanding General for the Army National Guard United States Pasifik (Usarpac), Major General Gary M. Hara, dan para perwira tinggi di lingkungan TNI AD.


Dalam amanatnya, Mayjen TNI Daniel Ambat mengatakan latihan bersama ini merupakan salah satu wujud kerjasama latihan militer kedua negara antara TNI AD dengan Angkatan Darat Amerika Serikat. Dengan latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalitas para peserta latihan tentang berbagai materi dalam rangka penyelenggaraan operasi perdamaian dunia, operasi lintas udara, dan operasi bantuan sosial, serta kemanusiaan. Selain itu, latihan ini juga semakin memantabkan profesionalisme para prajurit sekaligus mempererat dan memperkokoh kerjasama antara TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat yang dilandasi rasa saling percaya dan saling menghormati.

Latihan Garuda Shield 2013 ini meliputi berbagai materi, diantaranya materi gladi komando dua negara dengan titik berat pada proses perencanaan dan pengendalian operasi perdamaian dunia. Sementara itu, Deputy Commanding General for the Army National Guard United States, Pasifik (USARPAC), Major General Gary M. Hara mengatakan, latihan ini merupakan kegiatan penting yang memungkinkan Amerika Serikat (AS) dan Indonesia untuk terlibat bukan hanya dalam urusan militer, tetapi sebagai mitra di kawasan Asia-Pasifik. "Kami bekerjasama dengan Indonesia diberbagai kawasan regional Asia-Pasifik, mulai dari APEC sampai ASEAN dan KTT Asia Timur. Tentara kami bekerjasama dengan semangat tumbuh kolaboratif yang sama setiap tahunnya. Motto kami di USARPAC adalah Satu Tim," katanya.

Dalam sambutannya, Major General Gary M. Hara juga mengatakan bahwa latihan ini merupakan kesempatan bagi militer kedua negara belajar bersama berbagi pengalaman, taktik, teknik dan pelajaran yang bermanfaat. Tak kalah penting adalah pelatihan ini memberikan kesempatan untuk membentuk persahabatan erat dan penghargaan yang terus berkelanjutan bagi adat dan budaya kedua negara. Persahabatan ini menjadikan tentara dan masyarakat dunia yang lebih baik tidak pernah berhenti memperluas wawasan dan mengemban misi untuk terus menghargai kekayaan budaya dan tradisi satu sama lain.

Denhub Divif 1 Kostrad turut andil dalam kegiatan ini, antara lain sebagai pelaku Command Post Exercise (CPX) serta pendukung dengan menggelar komunikasi radio, telepon (PABX), CCTV, Vsat serta LAN dan internet.